PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Profil 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

 

Hak Publik untuk mendapatkan informasi adalah salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan sebagai salah satu Badan Publik telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Peraturan Kepala Badan SAR Nasional Nomor PK.17 Tahun 2014 Tentang Layanan Informasi Publik dan Dokumentasi Badan SAR Nasional.  Dan telah di perbarui dengan Keputusan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor: SK.KBSN-132/DI.01.02/V/BSN-2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor: SK.KBSN-132/DI.01.02/V/BSN-2021 ditetapkan :

  1. Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan sebagai Pengarah PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan;

  2. Sekretaris Utama Sebagai Koordinator Tim Pertimbangan PPID;

  3. Kepala Pusat Data dan Informasi sebagai Ketua PPID;

  4. Kepala Biro Umum sebagai Wakil Ketua PPID;

  5. Pelaksana PPID Pusat oleh Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Koordinator Substansi Bidang Pelayanan Informasi, Kasubbag Tata Usaha Pusdatin,Koordinator Substansi Hukum, Koordinator Substansi Bidang Sistem Informasi;

  6. Pejabat Fungsional PPID oleh Pranata Humas, Pranata Komputer, dan Arsiparis;

  7. Pelaksana PPID Unit Pelaksana Teknis (UPT) oleh masing-masing Kepala Balai/UPT atau Satker yang ditunjuk oleh Unit Organisasi

Pelayanan informasi publik PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan berpedoman pada Peraturan Kepala Badan SAR Nasional Nomor PK.17 Tahun 2014 Tentang Layanan Informasi Publik dan Dokumentasi Badan SAR Nasional sehingga akan dicapai  pelayanan informasi yang akurat, lengkap, maka seluruh unit kerja di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.