PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


FAQ

(Frequently Asked Questions)

Beberapa pertanyaan yang sering disampaikan mengenai Layanan Informasi Publik Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan adalah sebagai berikut;

 

Apa yang dimaksud dengan Informasi Publik ?
      Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnyayang sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.
Apakah seluruh Informasi Publik adalah Informasi yang dapat diakses oleh Publik?
  Ya. Seluruh Informasi Publik dapat diakses oleh masyarakat, kecuali informasi yang dikecualikan/rahasia.
Bagaimana pembagian klasifikasi informasi di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ?
 

Informasi publik di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan di bagi atas :

  1. Informasi Publik yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala;
  2. Informasi Publik yang Wajib Diumumkan Secara Serta Merta;
  3. Informasi Publik yang Wajib Tersedia Setiap Saat; dan
  4. Informasi yang Dikecualikan
Siapakah PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)?
  PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Bidang Publik dan bertanggungjawab langsung kepada atasan PPID.
Bagaimana cara memperoleh informasi publik yang berada di bawah kewenangan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan?
 

Informasi publik di lingkup Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dapat diperoleh dengan cara:

  1. Setiap pemohon informasi publik dapat mengajukan permintaan informasi kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan secara tertulis (pemohon datang langsung) atau tidak tertulis (permohonan via telepon, email, dan website);
  2. Setiap pemohon informasi publik wajib mengisi formulir permohonan informasi publik dengan lengkap serta melampirkan fotocopy KTP atau kartu identitas lain yang masih berlaku;
  3. Setiap pemohon informasi publik dapat datang langsung ke Ruang PTSP Basarnas, Lt.Lobby Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Jalan Angkasa Blok B.15 KAV 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat, atau mengajukan permohonan informasi melalui : Tlp (021) 6570 1116, Email ppid@basarnas.go.id dan website https://ppid.basarnas.go.id/layanan-informasi/permohonan-informasi
  4. PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik secara langsung apabila pemohon datang langsung atau melalui fax dan email apabila permohonan diajukan melalui telepon, fax, email dan website.
Berapa lama pemohon Informasi Publik mendapatkan permohonan tertulis atas permohonan yang diajukan ?
  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan menyampaikan tanggapan tertulis atas permohonan informasi publik selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dapat memperpanjang waktu penyerahan pemberitahuan tertulis selama 7 ( tujuh ) hari kerja.
Siapa atasan PPID?
  Sekretaris Utama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan