PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


RISKI DITEMUKAN, BASARNAS MERAUKE SERAHKAN JENASAHNYA KE PUSKESMAS KUMBE


Merauke ( 21/05) – Tepat pukul 06.50 wit pagi ini, korban kecelakaan kapal atas nama Nova Riski Dwisaputra berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan. Tubuh korban terlihat oleh tim tergeletak di tepi sungai di sekitar mulut muara sungai dalam posisi tertelungkup. Jasad korban tak berbaju tersebut berada di koordinat 08°21’32,62’’ S – 140°13’40,38 ‘’ E dan berada dalam area pencarian hari ke tiga ini.
Setelah dimasukkan ke dalam kantung jenasah, korban lantas dievakuasi menuju ke Puskesmas Kumbe untuk memperolah penanganan lebih lanjut oleh paramedis.

Lia Anitu selaku kepala Puskesmas Kumbe menyampaikan bahwa rencana awal jenasah akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Merauke, namun urung dilakukan. “kami komunikasi dengan perwakilan pemilik kapal disini, katanya jenasah akan langsung dimakamkan saja di Kumbe jadi tidak kami bawa ke RSUD” terangnya.


Penanganan korban dilakukan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP.red) Operasi SAR yang berlaku terlebih lagi saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi. Alat pelindung diri mulai dari kepala hingga kaki senantiasa menjadi perhatian khusus demi mengantisipasi dan mencegah penularan wabah virus ini. “Kami tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada siapapun yang beraktifitas di air khususnya nelayan untuk lebih memperhatikan keselamatan saat sedang bekerja”. Ujar Kepala Subseksi Operasi Fajar Yuniarto, S.E mewakili kepala kantor.


Operasi SAR melibatkan unsur potensi dari Merauke Rescue Squad, 2 (dua) personil pos Kepolisian Kumbe, 3 (tiga) personil pos Angkatan Laut Kumbe, serta masyarakat sekitar lokasi kejadian.
Dengan ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur yang terlibat di lapangan kembali ke kesatuan masing-masing.dwb/humas



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Minsar