PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Rapat Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Tingkat Pusat


Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Bina Potensi, I Ketut Parwa, S. H., M. M . Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa
Potensi Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) menjadi pilar penting dalam pelaksanaan operasi SAR. Keberadaan Potensi SAR, baik Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, informasi dan teknologi, serta hewan yang dimiliki mampu mengefektif dan mengefisienkan kinerja Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Keberadaan Potensi SAR juga terbukti mampu meminimalisir response time baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia sehingga pelaksanaan operasi SAR dapat berjalan optimal.

Basarnas sebagai institusi yang berkompeten dan menjadi leading sector di bidang SAR sesuai amanat Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, harus memberikan perhatian serius terhadap keberadaan Potensi SAR dengan melaksanakan fungsi pembinaan. Pembinaan terhadap Potensi SAR tersebut mencakup 3 hal, yaitu pengaturan, pengendalian, dan pengawasan. Salah satu bentuk pengendalian Potensi SAR adalah melaksanakan fungsi koordinasi dengan seluruh stake-holder di bidang SAR, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah. Koordinasi menjadi menjadi pilar penting dan mutlak diperlukan dalam membangun sinergitas dan soliditas Potensi SAR dengan Basarnas guna mendukung pelaksanaan operasi SAR yang terjadi di tanah air. 

Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah membentuk Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Tingkat Pusat. Forum ini diharapkan menjadi wadah bagi seluruh Potensi SAR yang melibatkan seluruh Kementerian, Lembaga, unsur TNI-Polri, Badan Usaha, Instansi/ Organisasi non-Pemerintah, serta elemen-elemen Potensi SAR yang berada di tingkat pusat. 

Dengan terbentuknya forum ini diharapkan fungsi koordinasi di tataran tingkat pusat pada pelaksanaan operasi SAR dapat lebih ditingkatkan sehingga pelayanan SAR kepada masyarakat di wilayah tanah air dapat berjalan dengan cepat, tepat, dan terpadu. Selain itu, dengan terintegrasinya seluruh Potensi SAR, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah, diharapkan mampu memberikan rasa aman dan mendorong segala aspek pembangunan nasional yang telah digariskan pemerintah.    
DENGAN POLA PEMBINAAN YANG TERARAH DAN TERUKUR KITA CIPTAKAN POTENSI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN YANG BERETIKA DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEMANUSIAAN."

Maksud kegiatan ini adalah melaksanakan fungsi pembinaan melalui pengendalian dengan menyelenggarakan wadah komunikasi dan koordinasi bagi seluruh Potensi Pencarian dan Pertolongan.

Dengan tujuan mampu Mengendalikan Potensi Pencarian dan Pertolongan dengan menyusun dan merumuskan kode etik Potensi Pencarian dan Pertolongan guna membentuk Potensi Pencarian dan Pertolongan yang berkarakter;

Penyampaian dan pertukaran informasi, melakukan sinkronisasi dan evaluasi melalui pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan; serta mensosialisasikan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pengerahan Potensi Pencarian dan Pertolongan dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia