PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Pesawat Kargo Hilang Kontak di Perbatasan Indonesia - Singapura


Pesawat kargo yang membawa 7 orang mengalami hilang kontak di perbatasan FIR Indonesia-Singapura. Basarnas Cimmand Center yang mengetahui kejadian ini dari ATC Singapura langsung menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang Fazzli, S.AP selaku SMC langsung berkoordinasi dengan SAR Singapura dan potensi setempat. 

Berbekal informasi yang diterima, SMC langsung mengerahkan personilnya menggunakan KN SAR Karna untuk melakukan pencarian korban. Singapura sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Pangkalpinang turut andil dalam pencarian dengan mengerahkan pesawat C130. Empat korban berhasil ditemukan selamat dan tiga lainnya meninggal dunia. Selanjutnya korban dievakuasi ke KN SAR Karna untuk dibawa ke rumah sakit. Proses evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan tetap mengikuti dan memenuhi standar protokol kesehatan covid-19.

Kejadian di atas merupakan skenario dari simulasi latihan bersama Basarnas dengan SAR Singapura dalam tajuk Indopura yang digelar pada Rabu (14/10/2020) di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Latihan gabungan ini merupakan salah satu prioritas Basarnas untuk berlatih secara terpadu dan terintegrasi tentang penanganan operasi SAR di Kepulauan Bangka Belitung. Berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Singapura mengharuskan adanya kerjasama dan sinergi kedua negara dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan. (Nv)

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia