PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Kabasarnas : Saya Bangga Dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh


BANDA ACEH - “Saya bangga dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh,” ujar Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito saat memberikan pengarahan secara tatap muka di aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh, Selasa (17/11/2020). Didampingi para pejabat eselon I dan II, Kepala Basarnas mengatakan bahwa ia bangga dengan seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh yang penuh semangat dan selalu berada di garis depan dalam setiap kegiatan kemanusiaan.

“Seperti yang kita ketahui keberadaan Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh sangat penting, selain luasnya daratan dan lautan, Aceh juga berbatasan langsung dengan negara tetangga yang juga sering meminta bantuan kepada kita. Kalian harus bangga menjadi personil Basarnas karena kalian bekerja untuk tugas kemanusiaan yang sangat mulia,” jelas Bagus.

Dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, Bagus menambahkan bahwa Basarnas tidak bisa bekerja sendiri untuk itu sangatlah penting membina komunikasi dan meningkatkan koordinasi dengan instansi ataupun potensi SAR setempat. Tidak hanya itu Kabasarnas juga mengingatkan kepada seluruh personil agar senantiasa menjaga dan memelihara peralatan SAR yang dimiliki oleh kantor.

“Nanti Kantor pusat akan mengirim rigid inflatable boat (rib), perahu karet, dan double cabin. Semua peralatan ini tentunya harus dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya agar selalu berfungsi dengan baik untuk keberhasilan pelaksanaan operasi SAR,” sambungnya.

Usai memberikan pengarahan, Kabasarnas bersama rombongan meninjau langsung peralatan SAR yang ada di kantor serta kapal yang bersandar di Pelabuhan Ulee Lheue. 

Bertemu langsung dengan seluruh kru kapal Kabasarnas berpesan agar seluruh personil baik yang berada di kapal maupun di kantor untuk selalu menjaga kesehatan, tetap berolahraga, dan terus disiplin terhadap protokol kesehatan.

Pengarahan ini merupakan salah satu kegiatan dari agenda kunjungan kerja yang dilakukan Kabasarnas selama dua hari sejak Selasa (17/11/2020) hingga Rabu (18/11/2020). Bertolak dari Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta Selasa pagi, Kabasarnas beserta rombongan terlebih dahulu menuju Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh. Sore harinya rombongan menuju Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang untuk agenda kunjungan kerja selanjutnya.(Nv)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia