PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Fadhil Ditemukan 100 Meter dari Tempatnya Tenggelam


Ngawi – Fadhil, warga desa Grudo, kecamatan Ngawi, ditemukan dalam kondisi meninggal pada Sabtu (25) sekitar pukul 12.50 WIB. Jenazahnya ditemukan di lokasi yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi tenggelamnya korban.

"Setelah melakukan upaya pencarian selama dua hari, akhirnya tim SAR gabungan menemukan keberadaan korban di lokasi yang berada pada koordinat 7° 23' 33.5328" S  111° 25' 48.9432" E," ungkap Koordinator Pos SAR Trenggalek, Yhoni Fariza.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, lanjut Yhoni, jenazah Fadhil dibawa tim SAR menuju ke rumah duka dan kemudian diserahterimakan kepada pihak keluarga agar segera bisa dimakamkan.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) air untuk melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu karet.

Upaya penyisiran SRU air dengan perahu karet ini dimulai dari lokasi kejadian, dengan melakukan manuver perahu, kemudian dilanjutkan dengan penyisiran sejauh sekitar 3,5 kilometer.

Manuver perahu karet ini dimasudkan untuk menciptakan gelombang air sungai yang besar. Sehingga posisi korban yang semula diduga ada di dasar sungai pun diharapkan akan muncul ke permukaan.

Selain itu, Tim SAR gabungan pun mengerahkan tim penyelam Pos SAR Trenggalek untuk melakukan pencarian korban di bawah permukaan air, tepatnya di beberapa lokasi yang dicurigai.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan penyisiran di sepanjang bantaran sungai, dengan jarak penyisiran sekitar 500 meter.

Upaya pencarian hingga evakuasi korban ini melibatkan kerjasama sejumlah pihak, diantaranya tim Pos SAR Trenggalek, BPBD kabupaten Ngawi, Polsek Ngawi, Koramil Ngawi, SAR Sikatan, SAR MTA, Basarta, SAR Senopati, Ilham Rescue, Rescue kabupaten Ngawi, Bagana dan warga sekitar. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya