PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Dua SRU Dikerahkan Untuk Mencari Dwi di Perairan Pancer


Banyuwangi – Sebanyak dua SRU (Search and Rescue Unit) dikerahkan untuk mencari keberadaan Dwi Tutut (40) di perairan pantai Pancer, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, pada Senin (27/7).

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan mengatakan, tim SAR gabungan mengerahkan dua SRU air untuk mencari keberadaan di dua sektor pencarian.

SRU air pertama melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu karet di sektor pencarian satu, dengan luas area sekitar 4,34 mil laut. SRU air kedua melakukan penyisiran di sektor pencarian dengan menggunakan perahu nelayan, dengan luas area penyisiran sekitar 4,39 mil laut.

Pada saat yang bersamaan, lanjut Wayan, satu SRU dikerahkan untuk melakukan penyisiran darat dari pelabuhan Pancer menuju ke arah utara dengan jarak penyisiran sejauh tiga kilometer.

Selain memantau di sejumlah titik saat melakukan penyisiran darat, SRU darat juga menyebarkan informasi kejadian yang menimpa korban kepada warga dan nelayan si sekitar pantai Pancer.

Adapun tujuan penyebarluasan informasi ini adalah jika nantinya ada warga atau nelayan yang melihat keberadaan korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas agar segera dilakukan langkah evakuasi.

Upaya pencarian Dwi di perairan Pancer ini melibatkan sejumlah unsur SAR, yaitu tim operasi Pos SAR Banyuwangi, Polair Pancer, Pos TNI AL Pancer, Polsek Pesanggaran, Kormail Pesanggaran, BPBD kabupaten Banyuwangi, 851 (BSI) Rescue, relawan Selam, Dinas Perikanan Pancer, RAPI, Rescue BSI Tambang, dan nelayan sekitar.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian korban di perairan Pancer. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya