PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Basarnas Raih Penghargaaan “Menuju Informatif” dalam Anugerah KIP 2021


Jakarta - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) meraih penghargaan sebagai Badan Publik Menuju Informatif dalam kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021. Dalam kategori tersebut, Basarnas mendapatkan peringkat pertama dengan nilai 89,90 diantara Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang juga menerima kualifikasi Menuju Informatif.  Penghargaan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat tersebut diberikan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, pada Selasa (26/10/2021). Seketaris Utama Drs. Dianta Bangun, M.Kes menghadiri penghargaan ini secara virtual di ruang kerja lantai 3 Gedung Basarnas.   
 Wakil Presiden dalam sambutannya menyampaikan agar urgensi keterbukaan informasi publik terus ditingkatkan sebagai upaya optimalisasi perlindungan hak masyarakat atas informasi publik sebagai bagian dari hak asasi manusia (HAM). 
“Keterbukaan informasi publik pada dasarnya menjadi hal strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang good governance, bersih, bebas korupsi dengan elemen pentingnya yaitu keterbukaan informasi dan penyelenggaraan pelayanan publik secara transparan, efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.
Sekadar informasi, pada tahun 2020 Basarnas mendapatkan predikat sebagai Badan Publik yang "Tidak Informatif", Namun pada tahun 2021 ini Basarnas berhasil memperbaiki predikat tersebut menjadi badan Publik "Menuju Informatif" atau naik 3 (Tiga) kategori. Dalam anugerah Keterbukaan Informasi Publik ini memiliki Lima kategori, yaitu Informatif bernilai 90-100, Menuju Informatif  80-89,9, sedangkan Cukup Informatif hanya bernilai 60-79,9 (termasuk rendah keterbukaan informasinya), Kurang  Informatif  (40-59,9),  dan Tidak  Informatif (0-39,9). (yun)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : Daru Nugroho