PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Basarnas Biak melaksanakan Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Ketinggian


Biak (16/11/2020), Kepala Basarnas Biak Gusti Anwar Mulyadi, S.H. secara resmi membuka Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Teknik Pertolongan di ketinggian. Acara pembukaan tersebut dilaksanakan di Kantor Basarnas Biak dan ditandai dengan penabuhan tifa bersama para undangan yang hadir dan Observer dari Basarnas Pusat Raymond Konstantin,S.E. Kegiatan Pelatihan Potensi yang direncanakan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 16-18 november 2020 diikuti oleh 25 peserta dari setiap intansi dan organisasi yang diwakilkan oleh masing-masing dua peserta diantaranya perwakilan dari Paskhas, Kodim 1708, Polres Biak, Lanudal Biak, Polair Biak, Brimob Biak dan anggota Pramuka.

Dalam sambutannya, Kakansar Biak menyampaikan bahwa tujuan dan maksud dari kegiatan tersebut adalah sebagai silaturahmi, saling bertukar ilmu baik melaui skill dan kemampuan individu maupun tim serta berlatih untk menjadi Tim yang solid guna melaksanakan tugas-tugas Pencarian dan Pertolongan.

Melalui wawancaranya kepada wartawan, Kakansar Biak juga menyampaikan bahwa wilayah kerja Basarnas Biak cukup luas sehingga membutuhkan banyak Potensi SAR untuk mendukung tugas-tugas kemanusiaan. "Karena untuk wilayah tugas biak dari biak sampai ke serui atau termasuk supiori dan nabire itu juga masih tugas wilayahnya biak jadi kita perlu banyak potensi, jadi kita harus gali materi ini ataupun pelatihan khusus untuk teman-teman kita potensi baik TNI-POLRI, organisasi dan teman-teman dari Pramukan", jelasnya.

Selama tiga hari kedepan dalam kegiatan pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan, para peserta akan dibekali dengan berbagai materi kelas seperti cara memindahkan korban dalam keadaan darurat, penanganan korban patah tulang, BHD, RJP, Perdarahan dan Syok hingga pengenalan peralatan dan teknik evakuasi korban diketinggian yang akan dilaksanakan di menara Raffling Kantor Basarnas Biak dan seluruh kegiatan dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan covid-19. Rch_05.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia