PPID Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan "Profesional, Sinergi dan Militan"


Ahmad, Korban Tenggelam di Bengawan Solo Berhasil Ditemukan


Gresik – Ahmad Farid (46) warga Tanjung Widoro yang menjadi korban tenggelam di Bengawan Solo, kecamatan Bungah, kabupaten Gresik, berhasil ditemukan pada Sabtu (25) sekitar pukul 12.18 WIB.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, Ahmad ditemukan tim SAR gabungan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi tenggelamnya korban.

Upaya evakuasi jenazah korban pun kemudian dilakukan dari lokasi penemuan ke Posko SAR. Dan kemudian, jenazah korban dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk dilakukan proses lebih lanjut oleh petugas yang berwenang.

Sebelumnya dalam upaya untuk menemukan keberadaan Ahmad, lanjut Wayan, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) air untuk melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu karet.

Pencarian dimulai dari sekitar lokasi kejadian tenggelamnya korban, yaitu di daerah jembatan Sembayat, kabupaten Gresik. Secara bergantian, kedua SRU air ini melakukan manuver perahu agar timbul gelombang air yang besar.

Dengan gelombang ini, diharapkan benda-benda yang ada di dalam sungai akan ikut bergerak atau terkoyak, dan posisi korban yang diduga ada di dasar sungai pun diharapkan akan muncul ke permukaan.

Pada saat yang bersamaan, tim SAR gabungan mengerahkan satu SRU darat untuk melakukan penyisiran di sepanjang bantaran sungai, dengan jarak penyisiran sekitar 5 kilo meter, dan melakukan pemantauan  beberapa titik, seperti di jembatan.

SRU darat juga menyebarluaskan informasi kejadan ini kepada warga yang beraktifitas di sekitar sungai Brantas. Hal ini bertujuan apabila nantinya ada yang melihat korban, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, upaya pencarian Ahmad ini juga melibatkan peran dari unsur SAR gabungan, diantaranya dari Polsek Bungah, Koramil Bungah, Polair Gresik, SAR MTA, dan warga sekitar. (Lib)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya