UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


Tingkatkan Pelayanan, Basarnas Laksanakan Uji Pelaksanaan Pencarian dan Pertolongan di Jayapura


Jayapura - Dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa pencarian dan pertolongan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) terus berbenah diri baik ke dalam maupun keluar (potensi). Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Latihan SAR daerah gabungan melalui Uji Pelaksanaan Pencarian dan Pertolongan terhadap korban kecelakaan pesawat udara.

Kegiatan yang bertujuan untk mengevaluasi kebutuhan operasi pencarian dan pertolongan kali ini berlangsung di Jayapura selama satu hari. Bertempat di Grand Allison Hotel Sentani kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sub Direktorat Dukungan Operasi Pencarian dan Pertolongan Nur Yahya, S.E., M.A, Kamis (29/11). Dalam sambutan Kepala Basarnas yang dibacakan Yahya disampaikan bahwa Basarnas berupaya membenahi diri dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Pembenahan tersebut berupa empat pilar pokok penunjang operasi pencarian dan pertolongan yang meliputi peningkatan kompetensi atau kemampuan personil, peningkatan sarana dan prasarana, koordinasi yang mantap dengan potensi SAR, serta manajemen operasi SAR yang efektif.

WhatsApp Image 2018-11-29 at 6.41.09 PM (1).jpeg

"Latihan gabungan dan uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan kali ini kita akan berlatih bagaimana menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan yang benar dan teknik-teknik pencarian yang akan dilaksanakan nantinya, kita akan belajar bagaimana membuat perencanaan operasi pencarian dan pertolongan secara gabungan bersama potensi, kemudian mengkoordinasikan dan melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan oleh SAR Mission Coordinator (SMC)", ujar Yahya saat membacakan sambutan Kamis pagi.

Usai pembukaan, seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura langsung melaksanakan tugasnya sebagaimana saat melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan. Dalam uji pelaksanaan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, dikisahkan telah terjadi kecelakaan pesawat udara dengan jumlah manifest 8 orang yang terjatuh di Danau Sentani.

Seluruh personil pun melaksanakan tugas sesuai dengan porsinya masing-masing baik dari persiapan hingga penemuan korban. Setelah proses uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan selesai kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi secara menyeluruh. (an)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : ratri dwiyani