UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


Tim SAR Gabungan Menyisir Bangkai KM Gerbang Samudera I


Surabaya – Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di bangkai KM Gerbang Samudera I setelah berhasil menjangkaunya, pada Kamis (6/12) pukul 14.12 WIB. Upaya penyisiran di bangkai kapal ini dilakukan untuk mencari tanda-tanda keberadaan seorang Nahkoda dan dua orang kadet deck yang belum ditemukan.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Novix Heriyadi mengatakan, sebelum mengerahkan tim rescuer untuk melakukan penyisiran, satu tim kecil dikerahkan dengan menggunakan sekoci untuk mendekat ke bangkai kapal.

Berdasarkan hasil penilaian tim sekoci di sekeliling bangkai kapal, tampak masih ada asap yang keluar dari beberapa bagian kapal. Kemudian tim sekoci berupaya menempel ke lambung tengah kapal untuk memastikan bangkai kapal sudah tidak panas.

Setelah berkoordinasi dengan pihak Tug Boat GSS 01 dan dengan mempertimbangkan kondisi yang ada, maka diputuskan untuk menjangkau bangkai KM Gerbang Samudera I dilakukan melalui bagian buritan sebelah kiri.

Upaya penyisiran dilakukan dari bagian anjungan atau ruang kemudi kapal, kemudian dilanjutkan dengan menyisir di bagian deck dua, kamar-kamar selasar dan memantau deck tiga melalui jendela anjungan.

“Suhu di dalam deck tiga masih sangat panas, asap yang keluar dari dalam cukup banyak dan kondisi lantainya sangat rapuh. Karena kondisi ini bisa membahayakan keselamatan tim rescuer, maka penyisiran di deck tiga dilakukan melalui jendela anjungan,” ungkap Novix.

Sama halnya dengan kondisi di bagian deck tiga, semua bagian dalam bangkai KM Gerbang Samudera I hangus dan rusak. Beberapa bagian kapal, seperti lantai, keropos dan hancur, bahkan sudah berlubang.

“Setelah melakukan upaya penyisiran selama satu jam, tim rescuer belum menemukan tanda-tanda keberadaan Nahkoda dan dua orang kadet deck KM Gerbang Samudera I. Tim rescuer pun memutuskan untuk mengakhiri pencarian di hari kelima dengan pertimbangan hari sudah sore dan mulai gelap,” ujar Novix.

Tim rescuer menggunakan beberapa peralatan SAR selama proses penyisiran di bangkai kapal, diantaranya Thermal Camera untuk melihat obyek panas, peralatan SCBA seperti masker dan tabung oksigen, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta peralatan ekstrikasi seperti rescue cutting portable.

Upaya pencarian Nahkoda dan dua orang kadet deck ABK KM Gerbang Samudera I ini melibatkan peran serta beberapa pihak, diantaranya tim Kantor SAR Surabaya, KN SAR 225 Widura, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Tug Boat GSS 01, Ditpolair Polda Jatim, KN 371, Pan Marine X1 serta PHE Poleng Pertamina.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Gerbang Samudera I yang sedianya berlayar dari Surabaya menuju ke Banjarmasin mengalami kebakaran saat berlayar di sekitar perairan laut pulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 35' S 112° 54' E.

Berdasarkan data yang dirilis Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, KM Gerbang Samudera I membawa 130 orang ABK dan penumpang serta sejumlah kendaraan. 127 orang diantaranya dievakuasi KM Kumala dalam kondisi selamat dan dibawa ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan, 3 orang diantaranya yang belum ditemukan. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya