UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 2


Tim SAR Gabungan Kembali Mencari Islafudin


Mojokerto – Tim SAR gabungan kembali berupaya mencari A. Islafudin (21) warga Tuban yang dilaporkan tenggelam di sungai Brantas, kabupaten Mojokerto. Di hari ketiga pencarian ini, Kamis (11/4), tim SAR gabungan mengerahkan SRU (Search and Rescue Unit) sungai dan darat.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Johan Saptadi mengatakan, sebanyak tiga SRU sungai dikerahkan untuk melakukan penyisiran, dengan dukungan tiga unit perahu karet yang dilengkapi mesin Mopel (Motor Tempel) berkekuatan 25 PK.

Penyisiran di hari ketiga operasi SAR ini, lanjut Johan, dimulai dari daerah jembatan desa Tanjanganom yang masih masuk kabupaten Mojokerto. SRU sungai pertama melakukan penyisiran menuju ke arah barat hingga sampai ke daerah jembatan Ngrame atau kembali ke TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) di koordinat 07° 53' 39.6" S - 112° 4' 54.8" E.

Sedangkan dua SRU sungai kedua dan ketiga, memulai penyisiran dari bawah jembatan Tanjanganom hingga ke daerah jembatan arteri Porong. Selama penyisiran ini berlangsung, personel SRU melakukan pengamatan di kanan dan kiri sungai untuk menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

“Arus sungai yang sangat deras menjadi kendala utama bagi SRU sungai saat melakukan penyisiran, terlebih lagi saat mereka kembali menuju ke posko OSC,” ungkap Johan.

Selain penyisiran di sungai, tim SAR gabungan juga mengerahkan sejumlah personel di beberapa titik yang dicurigai dilewati korban, diantaranya di jembatan arteri Porong dan muara Tlocor. SRU darat juga menyebarluaskan informasi kejadian ini kepada warga yang beraktivitas di sekitar sungai.

Penyebarluasan informasi ini merupakan upaya untuk membentuk jejaring komunikasi. Tujuannya adalah apabila ada warga yang melihat tanda-tanda keberadaan korban, maka diharapkan dapat dengan segera melaporkannya kepada petugas yang sedang melakukan pencarian.

Upaya pencarian korban ini sendiri melibatkan peran serta sejumlah pihak, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, BPBD Mojokerto, BPBD Tuban, PMI Mojokerto, Polsek Pungging, Koramil Pungging, SAR Su, SAR Penanggungan, LPBI NU, Semar Rescue, Welirang Rescue, RAPI, dan warga sekitar.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih melakukan penyisiran untuk menemukan korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya