UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 2


TIM SAR Gabungan Evakuasi 2 Pekerja Tertimbun Talud dalam Keadaan Selamat


Yogyakarta - Dua orang pekerja atas nama Swito Budi Santoso (46) dan Suradal (61) yang tertimbun reruntuhan talud di area RSUD Sleman berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, Rabu (9/10). Nasib nahas yang dialami 2 orang pekerja ini diketahui Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Yogyakarta pukul 10.30 wib dari Febri Potensi SAR rescue 920.

Mendapat laporan tersebut Kepala Jaga harian Kantor SAR Yogyakarta langsung menyiapkan 1 tim rescue yang berjumlah 8 orang membawa peralatan ekstrikasi untuk evakuasi Bangunan runtuh/urban SAR. 

Kejadian bermula saat kedua sedang melakukan penggalian di selokan yang nantinya akan dipasangi besi untuk cor. Namun secara tiba2 terjadi runtuhan talud di sisi timur yang menimpa kedua korban bernama Swito Budi Santosa (46 th) dan Suradal (61thn).

Korban atas nama Surandal berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat sementara Swito saat kejadian masih belum terevakuasi karena terjepit Talud yang runtuh.

Pukul 11.18 wib 1 tim rescue Kantor SAR Yogyakarta tiba di lokasi dan langsung berkordinasi dengan Potensi SAR yang sudah di lokasi. Tim selanjutkan melaksanakan proses evakuasi terhadap Swito. Prose evakuasi Swito mengalami sedikit kendala, kaki korban terjepit batu reruntuhan. Setelah berlangsung selama kurang lebih 1 jam tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dalam keadaan selamat dan langsing dibawa ke RSUD Sleman.

Tim SAR Gabungan yang terlibat dari Kantor SAR Yogyakarta, Koramil Sleman, Polsek Sleman, SAR Sabhara polda DIY, TRC BPBD DIY, BPBD Sleman, SAR DIY, Rescue 920, dan Tim Medis RSUD Sleman.(ppt)