UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


Tiga Nelayan Sitole Dievakuasi ke Pelabuhan Prigi


Trenggalek – Tiga orang nelayan Perahu Sitole asal Watulimo berhasil dievakuasi tim SAR gabungan ke pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, kabupaten Trenggalek, pada Kamis (6/12) pukul 00.05 WIB.

Ketiga orang nelayan ini ditemukan di sekitar perairan laut Solimo sebelah selatan, tepat-nya di koordinat 8° 21' 32.8536" S 111° 44' 45.3876" E. Namun saat ditemukan, salah satu dari ketiga nelayan ini sudah dalam kondisi meninggal.

Identitas satu orang nelayan yang meninggal ini diketahui atas nama Subianto (43). Dua orang nelayan yang selamat atas nama Agus Salim (45) dan Imam Abadi (58). Ketiganya sama-sama berasal dari desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo.

Komandan tim operasi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek, Eko Aprianto mengatakan, setelah sampai di pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, jenazah Subianto di- bawa ke Puskesmas Prigi untuk divisum.

Sedangkan kedua nelayan yang selamat, lanjut Eko, diserahkan kepada pihak Polsek Watulimo dan Satpolair Prigi untuk dimintai keterangan terkait kronologi meninggalnya teman mereka dan bagaimana mereka bisa tersesat diperairan Solimo.

Sejumlah pihak ikut terlibat dalam upaya pencarian posisi dan evakuasi ketiga nelayan ini, diantaranya tim Pos SAR Trenggalek, Koramil Watulimo, Polsek Watulimo, Satpolair Prigi, Puskesmas Prigi, Relawan Prigi dan nelayan pelabuhan Prigi.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Agus dan Imam, kejadian kecelakaan ini berawal saat ketiganya mencari ikan dengan cara menebarkan jaring di perairan laut Solimo, pada Rabu (5/12). Saat menaikkan jaring ke atas perahu, Subianto mengeluh kepalanya pusing dan tiba-tiba terjatuh di atas perahu.

"Karena tidak bisa mengoperasikan perahu, akhirnya sekitar pukul 20.30 WIB, Agus dan Imam menelpon keluarga mereka agar meminta bantuan evakuasi kepada tim SAR," kata Eko. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : miko