UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


SEMINGGU BELUM DITEMUKAN,PENCARIAN SATU WISMAN ASAL KORSEL DIPERPANJANG


LOMBOK UTARA – Setelah melakukan pencarian selama seminggu, tim SAR gabungan belum juga berhasil menemukan satu wisatawan mancanegara (wisman) asal Korea Selatan yang tenggelam di pantai Gili Trawangan saat snorkelling. Pencarian Park Ji Su (22) yang tenggelam saat snorkelling bersama teman prianya pada hari rabu (12/09) sore diperpanjang terhitung mulai hari ini, Rabu (19/09). Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan I Nyoman Sidakarya terjun langsung memimpin dan ikut melakukan pencarian dari atas rubber boat. Selain itu, Nyoman Sidakarya bersama personilnya juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Nyoman Sidakarya saat ditemui di pelabuhan Bangsal menjelaskan, memasuki hari ke-8 pencarian basarnas Mataram mengerahkan alat utama 2 unit rubber boat dan kapal dari TNI AL. selain itu, juga berkoordinasi dengan club-club diving dan nelayan yang berlayar di sekitaran Gili Trawangan. Rencana pencarian maksimal selama 7 hari, namun berdasarkan hasil koordinasi dan permintaan dari Kedutaan Besar Korea Selatan dan pihak keluarga sehingga diperpanjang sampai tiga hari kedepan.

Area pencarian mulai dari lokasi kejadian dan wilayah sekitarnya, Gili Meno dan Gili Air. Pencarian dibagi menjadi dua SRU (Search Rescue Unit) yaitu SRU darat yang bertugas menyisir dari bibir pantai yang berjumlah 10 personil dan SRU laut yang bertugas menyisir di sekitar perairan 3 gili menggunakan 2 rubber boat yang berjumlah masing-masing 5 personil. Hingga pencarian sore hari ini belum berhasil ditemukan tanda-tanda korban dan akan kembali dilanjutkan esok hari.

‘’Kami himbau kepada masyarakat maupun instansi terkait yang berada di sekitar lokasi kejadian bisa menghubungi kantor Basarnas Mataram di (0370) 633253 atau emergency call ‘115’ jika ada diterima info lebih lanjut’’, tambah Nyoman usai melaksanakan pencarian. (ln/hms mtr).