UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 2


PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI DAN PELATIHAN POTENSI SAR KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN KELAS B MAUMERE OLEH DIREKTUR OPERASI


WhatsApp Image 2019-06-24 at 21.36.06.jpeg

WhatsApp Image 2019-06-24 at 21.36.05.jpeg

WhatsApp Image 2019-06-24 at 21.36.06(2).jpeg

WhatsApp Image 2019-06-24 at 21.40.35.jpeg

Maumere/24 Juni 2019. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan adalah lembaga non kementrian yang memiliki tugas dan fungsi SAR diantaranya penanganan musibah transportasi pelayaran dan penerbangan, bencana atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat masa tanggap darurat.Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau yang biasa disebut BASARNAS dalam melakukan pencarian dan pertolongan tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan kerjasama dengan pihak terkait yang disebut Potensi SAR yakni pihak-pihak yang telah berkomitmen untuk membantu kerja BASARNAS dalam misi kemanusiaan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan pada hari ini menyelanggarakan pembukaan rapat koordinasi dan pelatihan potensi dengan Ketua Panitia Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E., M.AP dengan pembukaan secara resmi oleh Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Bapak Brigjen TNI Marinir Budi Purnama,. S.Pi., M.Agr dengan tamu undangan dianataranya Bapak Wakil Bupati Romanus Woga, Komandan Lanal Maumere Bapak Letnan Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto, Komandan Kodim 1603 Sikka Bapal Letkol NF Sugeng Prihatin, S.SOS.,M.CS,.M.CS.,M.TR HANLA, Wakaapolres Sikka Bapak AKBP Rickson Situmorang,S.IK. Acara berlangsung dengan lancar dan solid antara Basarnas dengan tamu undangan dan peserta yang diadakan di hotel capa maumere.

Pada Laporan Panitia oleh Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere mengatakan bahwa “Maksud dan tujuan rapat koordinasi dan pelatihan potensi SAR tahun 2019 ini dilaksanakan dengan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada seluruh potensi SAR yang sering kita ajak melaksanakan operasik di lapangan, sedangkan tujuan kegiatan adalah meningkatkan sinegritas dan solidaritas dengan potensi SAR agar potensi SAR, memahami dan mengerti prosedur operasi SAR dan mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan”.

Wakil Bupati Sikka Bapak Romanus Woga turut menyampaikan sambutan, Beliau mengatakan peran Basarnas Maumere sangat penting dalam melakukan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat maumere sepeti penyelamatan saat kapal tenggelam walaupun korban tidak selamat namun telah menemukan korbannya adalah tugas yang mulia yang dilakukan oleh tim SAR Maumere, Beliau juga mengatakan bahwa hanya dengan hati yang tulus pekerjaan menjadi lancar.

Peresmian acara rapat koordinasi SAR dan pelatihan potensi SAR dilakukan langsung oleh Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Bapak Brigjen TNI Marinir Budi Purnama,. S.Pi., M.Agr dalam sambutannya Beliau mengatakan bahwa Basarnas dari awal berdiri tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan pihak lain dalam melakukan misi pencarian dan pertolongan. Kunci sukses penanganan suatu kejadian kecelakaan dan bencana adalah kerjasama, solidaritas, dan sinergi dari setiap institusi atau organisasi yang terlibat dalam sebuah operasi pencarian dan pertolongan. Serta Beliau menambahkan bahwa Basarnas hadir dalam memberikan pelayanan pada masyarakat di bidang SAR dan meruapakan asset daerah untuk mendukung dunia Parwisata.

Acara rapat koordinasi berlangsung pada hari ini sedangkan pelatihan piotensi berlangsung dari hari ini sampai tanggal 28 juni 2019 yang diadakan di hotel permatasari dan di dermaga kantor SAR Maumere di wailiti dengan materi pelatihan potensi SAR yakni water rescue atau pertolongan di permukaan air kepada peserta potensi diantaranya TNI, Polisi, BPBD, PMI dan instansi lainnya.



Kategori Berita Kansar , Agenda Pusat , General Berita .
Pengunggah : Maumere