UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 2


Longsor dan banjir terjadi di wilayah kerja SAR Jayapura


Jayapura- Banjir dan Longsor yang terjadi di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Jayapura mengakibatkan kekhawatiran warga dalam beraktifitas. Hal ini terjadi karena intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Papua.

Seperti halnya jalan alternatif lintas utara antara kota Jayapura-waena yang terletak di bawah kaki gunung Cyclop tiba-tiba longsor sehingga jalan disamping Kantor Walikota ambrol dan jembatan terpustus, beruntung tidak ada korkan jiwa dalam insiden ini.

2.2.jpeg

Sementara itu banjir juga terjadi di Komplek perumahan Gajah Mada Permai Kabupaten Jayapura pada minggu (6/1/2019) pada pukul 2 dini hari yang mengharuskan warganya untuk dievakuasi ketempat yang lebih aman karena ketinggian air mencapai 50 cm sehingga warga terus waspada mengingat hujan terus turun. Tim rescue dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura terus mengevakuasi warga yang terdampak banjir dari malam hingga pagi hari.

Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Jayapura Putu Warga Sujarwadi mengatakan bahwa dengan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini maka masyarakat dihimbau untuk tetap waspada. “ Kami Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura tetap siaga 24 jam untuk megantisipasi laporan musibah yang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja dalam memberikan bantuan evakuasi”, kata Putu.

2.3.jpeg

Kabupaten Keerom Provinsi Papua yang masih berdekatan dengan Kota Jayapura juga terkena dampak banjir. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun sebagian rumah warga rusak ringan dan lahan persawahan warga di kabarkan mengalami kerusakan.

Masyarakat harus cerdas dalam memencari informasi tambah Putu Arga sehingga tidak muncul informasi yang menyesatkan berkaitan dengan longsor dan banjir. Sebaiknya informasi yang akurat dan valid di dapat dari BMKG setempat yang menjadi acuan sehingga masyarakat menjadi yakin akan informasi cuaca yang ada di wilayah Papua. (yd/mhs)



Kategori General Berita , Bencana .
Pengunggah : ratri dwiyani