UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


Lagi, Tim SAR Cari Tiga ABK KM Gerbang Samudera I


Surabaya – Tim SAR gabungan kembali melakukan upaya pencarian tiga orang ABK KM Gerbang Samudera I, pada Senin (3/12). Pencarian di hari kedua ini tidak hanya dilakukan di area yang telah dipetakan dengan aplikasi SAR Map, namun juga di bangkai KM Gerbang Samudera I apabila kondisi memungkinkan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Prasetya Budiarto, S.A.N., M.Si. mengatakan, pencarian tahap pertama dilakukan di sekitar lokasi kejadian terbakarnya KM Gerbang Samudera I sebab kondisi cuaca cukup bersahabat, baik gelombang, arus laut dan kecepatan anginnya.

Sementara itu, tahap kedua pencarian yang semula akan dilakukan dengan pengerahan tim rescuer masuk ke dalam bangkai kapal, tidak dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan kondisi KM Gerbang Samudera I masih mengeluarkan asap hitam tebal dan suhu terasa panas di jarak sekitar 30 meter dari kapal.

Prasetya menambahkan, tim-tim kecil yang melakukan penyisiran di sekitar lokasi akhir bangkai KM Gerbang Samudera I sempat mendengar ledakan kecil dari dalam kapal. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi keselamatan personel tim SAR gabungan yang bertugas melakukan pencarian.

Selain tim rescuer Kantor SAR Surabaya dan KN SAR 225 Widura, beberapa pihak juga terlibat dalam pencarian ketiga korban di hari kedua ini, diantaranya Ditpolair Polda Jatim, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, kapal Pan Marine XI dan Kal Warakas.

Menurut data yang diperoleh dari pihak operator kapal, identitas ketiga orang ABK KM Gerbang Samudera I yang belum ditemukan, yaitu Soehaldani (Nahkoda), Nurul Fardillah (Cadet Deck) dan Sirka Mala Marifat (Cadet Deck).

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Gerbang Samudera I yang sedianya berlayar dari Surabaya menuju ke Banjarmasin mengalami kebakaran saat berlayar di sekitar perairan laut pulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 35' S 112° 54' E.

Berdasarkan data yang dirilis Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, KM Gerbang Samudera I membawa 130 orang ABK dan penumpang serta sejumlah kendaraan. 127 orang diantaranya dievakuasi KM Kumala dalam kondisi selamat dan dibawa ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan, 3 orang diantaranya yang belum ditemukan. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya