UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


Evakuasi Korban “Kecelakaan KMP Satya Kencana III” Menegangkan


Surabaya – Evakuasi para korban kecelakaan KMP (Kapal Motor Penyeberangan) Satya Kencana III milik PT Dharma Lautan Utama berlangsung menegangkan. Kapal Motor yang berlayar dari pelabuhan Sampit mengalami kebakaran di bagian buritan saat akan bersandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kapal Motor yang membawa sebanyak 29 orang ABK (Anak Buah Kapal) dan 24 orang penumpang ini terbakar saat berada di sekitar perairan dermaga Jamrud Utara.

Meskipun seluruh ABK dan penumpang sudah memakai jaket pelampung, namun kepanikan masih ada diantara mereka. Kepanikan ini mengakibatkan tiga orang penumpang KMP Satya Kencana III menceburkan diri ke laut.

Sesuai dengan SOP Penanggulangan Musibah di Lingkungan Kerja Pelabuhan Tanjung Perak, maka setelah mendapatkan informasi kejadian ini dari Nahkoda KMP Satya Kencana III, Kasi Patroli KPLP Tanjung Perak segera mengerahkan Tim Reaksi Cepat untuk menuju lokasi kecelakaan guna mengevakuasi para ABK dan penumpang KMP Satya Kencana III.

Dalam upaya menolong para korban, Tim Reaksi Cepat menggunakan sejumlah armada, diantaranya KN 416, KN 468, KN 436, Sea Raider, sekoci dan perahu karet. Sementara itu, upaya pemadaman dilakukan oleh KN.P Grantin 211 dan KT Jayanegara.

Para ABK dan penumpang KMP Satya Kencana III berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, meski ada satu orang yang mengalami luka bakar sedang. Semua korban ditangani dengan cepat dan tepat sesuai prosedur penanganan korban.

Namun Anda semua jangan sampai salah menduga, sebab ini adalah kegiatan Latihan SAR Gabungan yang diselenggarakan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait seperti Kantor SAR Surabaya, Lantamal V, Ditpolair Polda Jatim, Disnav, KKP dan RS PHC Surabaya.

Latihan SAR gabungan yang melibatkan sekitar 170 orang personel dan sejumlah armada laut ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM tim SAR terpadu di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak melalui jaring komunikasi antar instansi.

"Kegiatan ini harus sering dilaksanakan secara rutin dan kemudian dievaluasi agar lebih baik dan sigap dalam upaya menangani kecelakaan pelayaran di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak," jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, Prasetya Budiarto dalam sesi evaluasi kegiatan latihan. (Lib)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : nita