UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 2


Dua Orang Wisatawan Asal Jombang Dicari Tim SAR Gabungan


Blitar – Indra (20) dan Julianto (19), dua orang wisatawan asal Ngoro, kabupaten Jombang, dicari keberadaannya oleh tim SAR gabungan, pada Rabu (12/6). Keduanya hilang setelah terseret ombak besar di perairan pantai Pangi, kabupaten Blitar.

"Dalam upaya mencari dua orang wisatawan asal Jombang ini, tim SAR gabungan mengerahkan personel dan sarana penunjang untuk melakukan penyisiran di laut dan darat," ungkap Brian Gautama, Koordinator Pos SAR Trenggalek.

Upaya penyisiran di perairan laut dilakukan oleh SRU (Search and Rescue Unit) laut dengan menggunakan perahu jukung. Penyisiran dimulai dari sekitar TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) yang berada di koordinat 8° 18' 45.46" S 112° 6' 38.11" E.

"Beranjak dari sekitar TKK, SRU laut melanjutkan upaya penyisiran di area yang telah dipetakan melalui aplikasi SAR Map, dengan luas area sekitar 7,86 Mil Laut," kata Brian.

Kondisi cuaca wilayah perairan laut selatan Jawa menjadi kendala utama saat upaya pencarian korban dilakukan, diantaranya ombak besar, gelombang laut yang tinggi, ditambah dengan angin yang bertiup cukup kencang.

Menghadapi kendala tersebut, tim SAR gabungan melengkapi diri dengan APD (Alat Pengamanan Diri) agar tetap aman dan terlindung saat bertugas. APD ini, diantaranya helm, jaket pelampung dan booties.

Sementara itu, SRU darat menyisir di sepanjang pesisir pantai Pangi hingga ke wilayah pantai di sekitarnya. Selain melakukan pengamatan, SRU darat juga menyebarkan informasi tentang kejadian kecelakaan ini kepada warga yang beraktivitas di sekitar pantai Pangi.

Brian menjelaskan, maksud dari penyebarluasan informasi tersebut bertujuan apabila ada warga yang melihat tanda-tanda kedua korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas yang sedang melakukan pencarian.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, upaya pencarian kedua korban tenggelam ini juga melibatkan peran sejumlah pihak, diantaranya BPBD kabupaten Blitar, Polsek Bakung, Koramil Bakung, Tagana kabupaten Blitar, Perhutani Blitar, Relawan Sosial Blitar, Resob, Jaladri, RAPI, Pokdarwis pantai Pangi dan nelayan setempat.

Menurut informasi dari dua orang saksi mata yang selamat dari kejadian, Mirza (20) dan Ubaidillah (19), kejadian naas yang mereka alami berawal saat bermain air di tepi pantai Pangi bersama rombongan wisatawan asal Jombang lainnya, pada Selasa (11/6) sekitar pukul 07.00 WIB.

Ombak besar tiba-tiba datang dan menghantam mereka. Mirza dan Ubaidillah berhasil diselamatkan oleh teman-teman mereka, namun Indra dan Julianto terseret ombak hingga ke tengah laut dan menghilang.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian untuk menemukan kedua korban. (Lib)



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : surabaya