UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 1


Basarnas Akan Menjadi Tuan Rumah INSARAG Team Leader Meeting 2017


Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sebagai institusi pemerintah yang berada di bawah naungan INSARAG dalam melakukan pencarian dan pertolongan pada bencana perkotaan menggelar kegiatan bertaraf Internasional INSARAG Team Leader Meeting 2017. Kegiatan yang bertajuk “Strengthening the Effectiveness and Coordination of International Urban Search and Rescue Assistance” diikuti oleh seluruh peserta yang menjadi anggota INSARAG.

International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) adalah sebuah jaringan global dengan anggota lebih dari 80 negara dan organisasi dibawah payung PBB. INSARAG menangani kegiatan-kegiatan di bidang pencarian dan pertolongan pada bencana perkotaan atau lebih dikenal dengan Urban SAR. Organisasi ini bertujuan menyediakan pedoman, standar dan metodologi terhadap penanganan bencana dalam skala masif, terutama di daerah perkotaan yang padat penduduknya dan dapat menimbulkan korban dalam jumlah besar. INSARAG Guidelines disepakati dan disetujui melalui the United Nations General Assembly Resolution 57/150 tahun 2002.

Indonesia sebagai salah satu anggota INSARAG berkesempatan menjadi tuan rumah dalam INSARAG Team Leaders Meeting 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Bali, tanggal 18 sampai 20 Oktober 2017 berlokasi di Padma Resort Legian, Jl. Padma No.1, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Total peserta yang akan menghadiri dari dalam dan luar negeri sebanyak 227 orang yang terbagi menjadi dua kegiatan yakni Working Group Meeting dan Team Leaders Meeting.

Kegiatan akan buka dibuka secara resmi oleh Kepala Basarnas Marsekal Muda (TNI) M. Syaugi, S.Sos., MM dan akan dihadiri Gubernur Provinsi Bali I Made Mangku Pastika serta Head of Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) Indonesia Mr. Oliver Lacey Hall.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan operasional tim URBAN SAR seluruh dunia dalam memberikan bantuan URBAN SAR Internasional. Selain itu kegiatan ini juga sebagai forum diskusi untuk memecahkan permasalahan terkait operasi dan diklat berdasarkan pengalaman di lapangan.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya koordinasi antar berbagai Tim Urban SAR Internasional dalam memberikan bantuan SAR terhadap negara-negara yang terkenan dampak bencana dalam skala besar serta terwujudnya kebijakan dan pedoman bagi Tim Urban SAR internasional dan nasional sebagai pelaku penanganan.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : ketty rosa