UPAYA SAPU BERSIH WARGA SEKITAR GUNUNG AGUNG OLEH TIM SAR GABUNGAN MULAI BERGESER KE KRB 2


2 Kapal pengangkut minyak terbakar, 2 ABK dalam pencarian


Merauke (1605) - 2 (dua) Anak Buah Kapal korban kecelakaan kapal terbakar di dermaga Kelapa 5 Merauke dilaporkan hilang oleh Ami ke Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Merauke. Pukul 15.05 wit pelapor via telephon seluler menceritakan bahwa telah terjadi kebakaran yang melibatkan 2 (dua) kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM.red) pada pukul 14.30 wit di Dermaga Kelapa 5 Merauke. Diceritakan bahwa pada saat ini kedua kapal itu, KM. Sinar Maro III dan KM. Samudera Jaya 99 tengah melakukan proses pengisian bahan bakar minyak dari atas dermaga menggunakan pompa mesin diesel.

IMG-20190516-WA0030.jpg KM. Sabuk Nusantara 45 yang berada tepat di samping kapal yang terbakar

Dilaporkan bahwa keseluruhan ABK K. Sinar Maros III berjumlah 6 orang. 5 (lima) orang berada di atas kapal sedangkan sisanya sedang berada di darat. Entah bagaimana awalnya, tiba-tiba terjadi ledakan yang cukup dahsyat dan si jago merah dengan cepat melahap KM. Sinar Maros III. Naas bagi KM. Samudera Jaya 99 yang berada di sampingnya yang juga sedang melakukan pengisian BBM. Samudera Jaya 99 akhirnya ikut terbakar sebelum sempat menjauh. Berdasarkan release yang dikeluarkan oleh Humas Polres Merauke juga belum diketahui penyebab utama terjadinya kebakaran siang tadi itu. Setelah menerima dan memproses laporan, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke memberangkatkan 1 (satu) tim Rescue menuju lokasi kejadian kecelakaan dengan membawa sarana yakni perahu karet, peralatan medis dan komunikasi serta berkoordinasi dengan Damkar BPBD Merauke. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di lapangan, tersisa 2 (dua) korban yang dinyatakan hilang yaitu Gustam (L) dan Sandi (L). Sedangkan 4 (empat) korban lain, 2 (dua) diantaranya dilaporkan meninggal dunia akibat luka bakar dan 2 (dua) lainnya selamat. Tim SAR gabungan yang terdiri dari personil Basarnas Merauke, personil Satpolair Polres Merauke baru dapat mendekati bangkai kapal ketika api sudah benar-benar padam. Pencarian awal dilakukan dengan fokus pencarian di bawah dermaga yang ikut terbakar serta di dalam kapalnya. Namun tidak menutup kemungkinan pencarian akan dilakukan disekitar area lokasi kecelakaan kebakaran. Pencarian hari pertama ini ditutup sementara pada pukul 17.30 wit karena jarak pandang terbatas dan akan dilanjutkan lagi esok hari pada pukul 06.00 wit.

IMG-20190516-WA0043.jpg Tim Rescue baru dapat mendekat setelah api benar-benar padam

Sebenarnya di lokasi kejadian ada juga 1 kapal penumpang yaitu KM. Sabuk Nusantara 45 yang posisinya sangat dekat dengan kedua kapal naas tersebut namun dampak kebakaran yang diterima tidak begitu berarti. KM. Sinar Maros adalah kapal pengangkut BBM yang rencananya akan membawa 10 Ton BBM ke Distrik Pantai Kasuari sedangkan KM. Samudera Jaya 99 direncanakan membawa 10 Ton BBM ke Distrik Okaba.(dwb/humas).

IMG-20190516-WA0027.jpg Proses evakuasi 1 (satu) korban meninggal dunia akibat kebakaran kapal

WhatsApp Image 2019-05-16 at 16.19.01 (1).jpeg

WhatsApp Image 2019-05-16 at 16.19.00.jpeg



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Minsar